Rabu, 22 April 2009

riset pengembangan

KELOMPOK 4
1.Viktor Petrus Matuan (076403020045)
2.Mariano A.W (0704030200)
3.Purwoko Dwi C(070403020033)
4. Dwi Sugi (076403020006)

METODE DDESKRIPTIF RISET PENGEMBANGAN
c. Riset Pengembangan

Penelitian ini berguna untuk memperoleh informasi tentang perkembangan suatu objek dalam waktu tertentu.
“Pola pikir membangun bangsa haruslah berbasis Iptek,” kata Ir. Hatta Rajasa, Menteri Negara Riset dan Teknologi (Ristek) ini. Ditegaskannya, dalam Propenas 2000-2004 bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dituntut berperan dalam percepatan pemulihan ekonomi. Menteri yang seluruh rambutnya berwarna putih perak ini akhirnya harus melakukan reorientasi bahkan hingga ke reformasi kebijakan agar Iptek turut mendukung pemecahan masalah yang dihadapi bangsa.

Selain pola pikir berbasis Iptek, dia juga mengajak bangsa ini agar mempunyai cara pandang dan wawasan yang sama tentang Iptek. Misalnya, lihatlah riset dan pengembangan Iptek sebagai investasi bukan cost yang mahal. Sebab, UU No. 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek mengamanatkan tanggungjawab penelitian bukan lagi monopoli pemerintah, tapi juga menuntut peran serta masyarakat. Berangkat dari kerangka UU itulah jajaran Kementerian Ristek harus bekerja keras mendorong kebangkitan teknologi di negeri ini.

Misalnya, membuat peta kemampuan Iptek di Indonesia lewat program Periskop, menetapkan skala prioritas riset, turut menjaga ketahanan pangan, membangun pusat peraga Iptek (science center) sebagai wahana pembelajaran yang rekreatif dan edukatif, membangun BioIsland sebagai Kawasan Terpadu Penelitian dan Pengembangan Industri yang berbasis bioteknologi di Rempang-Barrelang (Batam), demikian pula agrotechno-park di daerah sebagai program percontohan pengelolaan kawasan terpadu yang mengintegrasikan berbagai Iptek dan manajemen dalam penerapan agroindustri dan agribisnis, dan berbagai program lainnya agar tercapai tujuan pola pikir membangun bangsa yang berbasis Iptek.

Development research atau riset pengembangan adalah metode penelitian yang menekankan kepada dua hal yaitu : pengembangan prototype suatu product dan proses saat product tersebut di buat serta di ujic

2 komentar:

  1. ciri2 metode deskriptif riset pengembangan belum ada.data kurang lengkap.

    BalasHapus
  2. menggunkan tipe data primer karena data yang kita peroleh dari suatu komentar seseorang.

    BalasHapus